Header Ads

Kumpulan Nasehat Ali bin Ali Thalib RA




“Dunia itu bangkai, Siapa saja yang menginginkan sesuatu dari dunia itu, maka bersiaplah untuk sabar berkawan dengan anjing.”


Munajat beliau, “Cukuplah aku merasa muluia karena aku mempunyai Tuhan. Cukuplah aku merasa bangga karena aku menjadi seorang hamba. Engkau adalah milikkuseperti yang aku harapkan. Maka berilah aku taufiq untuk melakukan sesuatu yang Engkau ridhai.”



“Demi Allah SWT, hanya orang yang beriman yang menyukaiku dan hanya orang munafik yang membenciku.”



“Kematian seorang manusia setelah usianya dewasa dan mengenal Tuhannya jauh lebih baik dari pada kematiannya pada saat ia masih kanak-kanak meskipun ia langsung masuk surga tanpa hisab”.




“Orang yang paling mengenal Allah SWT adalah orang yang paling besar cinta dan penghormatannya pada kaum muslimin.”


“Jangan pernah berharap kecuali pada Tuhanmu dan janganlah pernah merasa takut kecuali atas dosamu.”


“Orang yang bodoh tidak usah merasa malu untuk menanyakan apa yang ia tidak tahu dan orang yang pandai tidak usah juga merasa malu pada saat ditanya mengenai sesuatu yang tidak diketahuinya untuk mengatakan bahwa Allahlah yang maha tahu.”


“Sesungguhnya yang paling aku takutkan menimpa kalian adalah mengikuti hawa nafsu dan cita-cita yang muluk. Mengikuti hawa nafsu menyebabkan orang akan tersesat untuk memperoleh kebenaran, sedangkan cita-cita yang muluk menyebabkan orang akan melupakan akhirat.”


“Orang yang pandai sejati adalah orang yang tidak membuat orang lain putus asa dari rahmat Allah SWT, tidak membuat orang lain merasa aman dari siksa Allah SWT, tidak pernah memberi keringanan dalam kemaksiatan kepada Allah SWT, dan tidak meninggalkan Al-Quran untuk beralih ke lainnya,”


“Tidak ada nilai lebih bagi ibadah yang tidak didasari dengan ilmu dan tidak ada nilai lebih bagi sebuah pengetahuan yang tidak dasari pada pemahaman. Juga tidak ada nilai lebih bagi kebiasaan membaca yang tidak disertai dengan perenungan.”


“Jadilah kalian sebagai sumber-sumber pengetahuan, lampu-lampu di waktu malam, lusuh pakaiannya, maka kalian akan dikenal di langit dan selalu disebut-sebut di bumi.”


“Hati itu adalah wadah. Sebaik-baiknya hati adalah hati yang mampu menampung pengetahuan.”



“Baju yang ditambal menyebabkan khusyuknya hati dan menjadi panutan orang yang beriman.”


“Ketakwaan adalah meninggalkan melanggengkan perilaku maksiat dan meninggalkan ketertipuan dengan ketaatan.”


“Hai dunia, perdayai saja orang lain selain aku karena kini akua telah menceraikanmu dengan talak tiga. Umurmu pendek, tempatmu hina, tapi bahayamu sedemikian besar karena bekal yang tidak banyak, sedangkan perjalanannya jauh dan jalannnya penuh kerikil tajam.”



“Allah SWT tidak akan rela pada para qari mempunyai sikap menjilat daam urusan agama dan berdiam diri terhadap maraknya kemaksiatan.”


Sumber : Kitab al-Thabaqat al-Kubra (Lawaqih al-Anwar fi Thabaqat al-Akhyar) karya 'Abdul Wahhab al-Sya'rani. 


No comments

Powered by Blogger.