Header Ads

Doa Tawaf Putaran 1 Sampai Dengan Putaran 7





MuslimCirebon : Berikut doa-doa tawaf dari putaran pertama sampai dengan putaran ke tujuh beserta makananya, semoga bermanfaat.

Penjelasan

Pada setiap awal putaran (pertama s.d. ketujuh) berdiri menghadap Hajar Aswad dengan seluruh badan atau miring (sebagian badan) atau menghadapkan muka saja sambil mengangkat tangan dan membaca:

بِسْمِ اللهِ، اللهُ أكْبَرُ

Dengan nama Allah, Allah Maha Besar. Serta mengecap tangan kanan, lalu mulailah bergerak dengan posisi Ka'bah di sebelah kiri.

Putaran 1 : Dari Rukun Hajar sampai Rukun Yamani

سُبْحَانَ اللَّهِ، والحَمْدُ لِلَّهِ، وَلا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باللَّهِ العَلِيِّ العَظِيمِ

وَالصَّلاَةُ والسَلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

اللَّهُمَّ إيمَاناً بِكَ وَتَصدِيقاً بِكِتابِكَ، وَوَفاءً بِعَهْدِكَ وَاتِّباعاً لِسُنَّةِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

اللَّهُمَّ إنِّي أَسألُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ، وَالمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَالْفَوْزَ بِالْجَنَّةِ، وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ

Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, sagala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar Tiada daya (untuk memperoleh manfaat) dan tiada kemampuan (untuk menolak bahaya) kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Mulia dan Maha Agung.

Shalawat dan salam bagi Rasulullah Saw.

Ya Allah, aku thawaf ini karena beriman kepada-Mu membenarkan kitab-Mu dan memenuhi janji-Mu dan mengikuti sunnah Nabi-Mu, Muhammad Saw.

Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ampunan, kesehatan, dan perlindungan yang kekal dalam menjalankan agama, di dunia dan akhirat dan beruntung memperoleh surga dan terhindar dari siksa neraka.

Dari Rukun Yamani sampai Rukun Hajar (Dari Putran 1-7 Sama)

Pada setiap kali sampai di rukun Yamani mengusap atau bila tidak mungkin mengangkat tangan tanpa dikecup sambil mengucapkan:

بِسْمِ اللَّهِ  واللَّهُ أكْبَرُ

Dengan nama Allah, Allah Maha Besar.

Diantara Rukun Yamani Hajar Aswad membaca:

رَبَّنا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْأخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hidarkanlah kami dari siksa neraka.
Dapat ditambah:

وَأَدْخِلْنَا الجَنةَ مَعَ الأبْرَارِ، يَا عَزِيْزُ يَا غَفَّارُ، يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ

Dan masukkanlah kami kedalam surga bersama orang-orang yang berbuat baik, wahai Tuhan Yang Maha Perkasa, Maha Pengampun dan Tuhan yang menguasai seluruh alam.

Putaran 2 : Dari Hajar Aswad sampai Rukun Yamani

اَللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا الْبَيْتَ بَيْتُكَ، وَالْحَرَمَ حَرَمُكَ، وَالْأَمْنَ أَمْنُكَ، وَالْعَبْدَ عَبْدُكَ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَابْنُ عَبْدُكَ وَهَذَا مَقَامُ الْعَائِذِ بِك مِنْ النَّارِ. فَحَرِّمْ لُحُومَنَا وَبَشَرَتَنَا عَلَى النَّارِ

اَللَّهُمَّ حَبِّبْ إِلَيْنَا الإِيمَانَ وَزَيِّنْهُ فِي قُلُوبِنَا، وَكَرِّهْ إِلَيْنَا الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ وَالْعِصْيَانَ، وَاجْعَلْنَا مِنَ الرَّاشِدِينَ

اَللَّهُمَّ قِنِيْ عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبادَكَ. اَللَّهُمَّ  ارْزُقْنِيْ الْجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Ya Allah, sesungguhnya Bait ini rumah-Mu, tanah mulia ini tanah-Mu, negeri aman ini negeri-Mu, hamba ini hamba-Mu anak dari hamba-Mu dan tempat ini adalah tempat orang berlindung pada-Mu dari siksa neraka, maka haramkanlah daging dan kulit kami dari siksa api neraka.

Ya Allah, cintailah kami pada iman dan biarkanlah ia menghias hati kami, tanamkan kebencian pada diri kami pada perbuatan kufur, fasiq, maksiat dan durhaka serta masukkanlah kami ini dalam golongan orang yang mendapat petunjuk.

Ya Allah, lindungilah aku dari azab-Mu dihari Engkau kelah membangkitkan hamba-hamba-Mu. Ya Allah, anugerahkanlah surga kepadaku tanpa hisab.

Putaran 3 : Dari Hajar Aswad sampai Rukun Yamani

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الشَّكِّ وَالشِّرْكِ، وَالشِّقَاقِ وَالنِّفَاقِ، وَسُوْءِ الْأَخْلَاقِ، وَسُوءِ المَنْظَرِ وَالْمُنْقَلَبِ، فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ وَالْوَلَد

اَللَّهُمَّ إِنَّيْ اَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَالجَنَّةَ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِك مِنْ فِتْنَةِ الْقَبْرِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Ya Allah aku berlindung kepada-MU dari keraguan, syirik, percekcokan, kemunafikan, buruk budi pekerti dan penampilan dan kepulangan yang jelek dalam hubungan dengan harta benda, keluarga dan anak-anak.

Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu keridhaan-Mu dan surga. Dan aku berlindung pada-Mu dari pada murka-Mu dan siksa neraka.

Ya Allah aku berlindung pada-Mu dari fitnah kubur, dan aku berlindung pada-Mu dari fitnah kehidupan dan derita kematian.

Putaran 4 : Dari Hajar Aswad sampai Rukun Yamani

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ حَجًّا مَبْرُوْرًا، وَسَعْيًا مَشْكُوْرًا، وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا، وَعَمَلاً صَالِحًا مَقْبُوْلاً، وَتِجَارَةً لَنْ تَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِيْ الصُّدُوْرِ أَخْرِجْنِيْ يَا اللهُ مِنْ الظُلُمَاتِ إِلَى النُوْرِ

اللَّهُمَّ إنِّي أَسألُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ، وَالسَّلامَةَ مِنْ كُلِّ إثْمٍ، وَالفَوْزَ بالجَنَّةِ، وَالنَّجاةَ مِنَ النَّارِ

اللَّهُمَّ قَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَنِيْ، وَاخْلُفْ عَلَيَّ كُلَّ غَائِبَةٍ لِيْ مِنْكَ بِخَيْرٍ.

Ya Allah karuniakanlah haji yang mabrur, sa‘i yang diterima, dosa yang diampuni, amal saleh yang diterima dan usaha yang tidak akan mengalami rugi.

Wahai Tuhan yang Maha Mengetahui apa-apa yang terkandung dalam hati sanubari. Keluarkanlah aku dari kegelapan ke cahaya yang terang benderang.

Ya Allah aku mohon kepada–Mu segala hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan keteguhan ampunan-Mu selamat dari segala dosa dan beruntung dengan mendapat berbagai kebaikan, beruntung memperoleh surga, terhindar dari siksa neraka.

Tuhanku, puaskanlah aku dengan anugerah yang telah Engkau berikan, berkatilah untukku atas semua yang Engkau anugerahkan kepadaku dan gantilah apa-apa yang ghaib dari pandanganku dengan kebajikan dari-Mu.

Putaran 5 : Dari Hajar Aswad sampai Rukun Yamani

اللَّهُمَّ أَظِلَّنِيْ تَحْتَ ظِلِّ عَرْشِكَ يَوْمَ لاَ ظِلَّ إلاَّ ظِلُّكَ، وَلاَ بَاقِيَ إلاَّ وَجْهُكَ، وَاسْقِنِيْ مِنْ حَوْضِ نَبِيَّكَ مُحَمَّدٍ  شُرْبَةً هَنِيْئَةً مَرِيْئَةً لاَ أَظْمَأُ بَعْدَهَا أبَدًا

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْألُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَألَكَ منْهُ نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صلى اللّه عليه وسلم، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا اسْتَعاذَكَ مِنْهُ نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صلى اللّه عليه وسلم

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْألُكَ الجَنَّةَ وَنَعِيْمَهَا وَمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ فِعْلٍ أوْ عَمَلٍ، وأعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِ وَمَا يُقَرِّبُنِيْ إلَيْها مِنْ قَوْلٍ أَوْ فِعْلٍ أوْ عَمَلٍ

Ya Allah, lindungilah aku di bawah naungan singgasana-Mu pada hari yang tidak ada naungan selain naungan-Mu, dan tidak ada yang kekal kecuali Zat-Mu, dan berikanlah aku minuman dari telaga Nabi Muhammad Saw. dengan suatu minuman yang lezat, segar dan nyaman, sesudah itu aku tidak akan haus untuk selamanya.

Ya Allah, aku mohon pada-Mu kebaikan yang dimohonkan oleh Nabi-Mu Muhammad Saw. dan aku berlindung pada-Mu dari kejahatan yang dimintakan perlindungan oleh Nabi-Mu , Muhammad Saw.

Ya Allah, aku mohon pada-Mu surga serta ni'matnya dan apapun yang dapat mendekatkan aku kepadanya baik ucapan  maupun amal perbuatan dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka serta apapun yang mendekatkan aku kepadanya baik ucapan ataupun amal perbuatan.

Putaran 6 : Dari Hajar Aswad sampai Rukun Yamani

اللَّهُمَّ إنَّ لَكَ عَلَيَّ حُقُوْقاً كَثِيْرَةً فِيْمَا بَيْنِيْ وَبَيْنَكَ، وَحُقُوْقاً كَثِيْرَةً فِيْمَا بَيْنِيْ وَبَيْنَ خَلْقِكَ
اللَّهُمَّ مَا كَانَ لَكَ مِنْهَا فَاغْفِرْلِيْ، وَمَا كَانَ لِخَلْقِكَ فَتَحَمَّلْهُ عَنِّيْ، وأغْنِنِي بحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَبِطاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ، وَبِفَضْلِكَ عَمَّن سِوَاكَ،  يَا وَاسِعَ المَغْفِرَةِ

اللَّهُمَّ إِنَّ بَيْتَكَ عَظِيْمٌ، وَوَجْهَكَ كَرِيْمٌ، وَأَنْتَ يَا اللهُ عَظِيْمٌ تُحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّيْ

Ya Allah sesungguhnya Engkau mempunyai hak kepadaku banyak sekali dalam hubunganku dengan Engkau. Dan Engkau juga mempunyai hak banyak sekali dalam hubunganku dengan mahluk-Mu.

Ya Allah apa yang menjadi hak-Mu kepada mahluk-Mu maka tanggunglah diriku, cukupkanlah aku dengan rizki-Mu yang halal, terhindar dari pada haram, dengan ta'at kapada-Mu terhindar dari kemaksiatan, dengan anugerah-Mu terhindar dari pada mengharapkan dari orang lain selain dari pada-Mu, Wahai Tuhan yang Maha Pengampun.

Ya Allah, sesungguhnya rumah-Mu (Baitullah) ini agung. Zat-Mu pun Mulia, Engkau Maha Penyabar, Maha Pemurah, Maha Agung yang sangat suka memberi ampun, maka ampunilah aku.

Putran 7: Dari Hajar Aswad sampai Rukun Yamani

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْألُكَ إيْمَانًا كَامِلاً، وَيَقِيْنًا صَادِقاً، وَرِزْقاً وَاسِعاً، وَقَلْباً خَاشِعاً، وَلِسَاناً ذَاكِرًا، وَحَلاَلاً طَيِّباً، وَتَوْبَةً نَصُوْحاً، وَتَوْبَةً قَبْلَ المَوْتِ، وَرَاحَةً عِنْدَ المَوْتِ، وَمَغْفِرَةً وَرَحْمَةً بَعْدَ المَوْتِ، وَالفَعْوَ عِنْدَ الحِسَابِ، وَالفَوْزَ بِالجَنَّةِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ، بِرَحْمَتِكَ يَا عَزِيْزُ يَا غَفَّارُ. رَبِّ زِدْنِيْ عِلْماً، وَألْحِقْنِيْ بِالصَّالِحِيْنَ

Ya Allah, aku mohon pada-Mu iman yang sempurna, keyakinan yang benar, rizki yang luas, hati yang khusyu', lidah yang selalu berdzikir (menyebut nama Allah), rizki yang halal dan baik, taubat yang diterima dan taubat sebelum mati, ketenangan ketika mati, keampunan dan rahmat sesudah mati, keampunan ketika dihisab, keberuntungan memperoleh surga dan terhindar dari neraka dengan rahmat kasih sayang-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Perkasa, Yang Maha Pengampun. Tuhanku, berilah aku tambahan ilmu Pengetahuan dan gabungkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang shaleh.

Doa Sesudah Tawaf

Setelah selesai 7 kali putaran bergeser sedikit ke kanan dari arah sudut Hajar Aswad menghadap bagian dinding Ka'bah yang disebut Multazam, dan berdo'a sesuai harapannya/keinginannya dengan bahasa apapun.

Salah satu do‘a yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ يَا رَبَّ البَيْتِ العَتِيْقِ، اَعْتِقْ رِقَابَنَا، وَرِقَابَ آبَائِنَا، وَأُمَّهَاتِنَا وَإخْوَانِنَا وَأَوْلاَدِنَا مِنْ النَارِ، يَا ذَا الجُوْدِ وَالكَرَمِ وَالفَضْلِ وَالمَنِّ وَالعَطَاءِ والإحْسَانِ

اللَّهُمَّ أحْسِنْ عاقِبَتَنا في الأمُورِ كُلِّها، وأجِرْنا مِنْ خَزْي الدُّنْيَا وَعَذابِ الآخِرَةِ

اللَّهُمَّ إِنِّيْ عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ، وَاقِفٌ تَحْتَ بَابِكَ مُلْتَزِمٌ بِأَعْتَابِكَ، مُتَذَلِّلٌ بَيْنَ يَدَيْكَ، أَرْجُو رَحْمَتَكَ، وَأَخْشَى عَذَابَكَ، يَاقَدِيْمَ الإِحْسَانِ

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْألُكَ أَنْ تَرْفَعَ ذِكْرِيْ وَتَضَعَ وِزْرِيْ، وَتُصْلِحَ أَمْرِيْ، وَتُطَهِّرَ قَلْبِيْ، وَتُنَوِّرَ لِيْ فِيْ قَبْرِيْ، وَتَغْفِرَ لِيْ ذَنْبِيْ، وَأَسْألُكَ دَرَجَاتِ العُلَى مِنَ الجَنَّةِ

Ya Allah, yang memelihara Ka'bah ini, bebaskanlah dari kami, bapak dan ibu kami, saudara-saudara dan anak-anak kami dari siksa neraka, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah, Dermawan dan mempunyai keutamaan, kemulian, kelebihan, anugerah, pemberian dan kebaikan.

Ya Allah, perbaikilah kesudahan segenap urusan kami dan jauhkanlah dari kehinaan dunia dan siksa di akhirat.

Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, tegak merapat berdiri di bawah pintu Ka'bah-Mu menundukkan diri dihadapan-Mu sambil mengharapkan rahmat-Mu, kasih sayang-Mu, dan takut akan siksa-Mu.

Wahai Tuhan pemilik kebaikan abadi, aku mohon pada-Mu agar Engkau tinggikan namaku, hapuskan dosaku, perbaiki segala urusanku, bersihkan hatiku berikan cahaya kelak dalam kuburku. Ampunilah dosaku dan aku mohon pada-Mu martabat yang tinggi didalam surga.

Catatan: Untuk menyederhanakan postingan kami hanya menuliskan doa dari rukun yamani sampai rujun hajar (hajar aswad) satu kali pada “putaran 1”. Tapi dalam praktiknya, doa tersebut dibaca setiap putaran.



No comments

Powered by Blogger.