Header Ads

Kisah Dibalik Suksesnya “Zoya” dan “Shafira”


Kisah ini bukan tentang Ivan Gunawan (IGun) yang membuat brand Zoya makin hebat.

sumber: liputan6.com

Muslimcirebon.com : Hampir sebagian besar muslimah Indonesia yang gemar dengan hijab-hijab berkualitas, kenal dengan brand “zoya” dan “shafira”. Sayangnya tidak banyak dari mereka tahu benar kisah hebat perjalanan pemiliknya, Feny Mustafa.

Kisah hebat Feny Mustafa pernah dimuat dalam liputan6.com.

Di dalam media media nasional tersebut, dia memulai kisahya dengan sebuah pernyataan, "saya benar-benar mengawali  bisnis ini dari bawah.  Awalnya hanya dibantu  1-2 karyawan saja. Bahkan untuk modal saya meminjam sana sini".

Feny melanjutkan, "Hal terpenting yang membuat sukses membangun bisnis pertamakali adalah support keluarga. Karena saya mulai bisnis sebelum menikah, saya mengumpulkan modal dari meminjam kepada teman, sahabat di kampus. Juga orang terdekat. Modalnya hanya kepercayaan,".

Sebelum meminjam, Feny membuka rahasia, bahwa bisnisnya dimulai dari membangun networking dulu dan selalu menjaga kepercayaan teman dan suka membantu teman.

"Jadi saat saya  bilang butuh modal usaha, teman-teman rela membantu meski mereka juga masih meminjam ke orang tua mereka. Tapi karena awalnya memang sudah kenal dan percaya saya, jadi mudah dapatnya walaupun hanya Rp 200 ribu, Rp 1 juta sampai akhirnya terkumpul Rp 12 juta," katanya.

Ketekunannya selama 25 tahun membangun bisnis menjadikan Shafira menjadi Shafira yang sekarang cukup dikenal di kalangan pencinta busana muslimah.

Tidak cukup hanya 24 gerai Shafira, Feni juga mengembangkan bisnis dengan mengelola brand Zoya yang kini telah memiliki 140 toko di seluruh Indonesia.

Meski kini pengelolaan bisnis Shafira dan Zoya telah dipercayakan kepada anak-anak muda, Feny mengaku tidak bisa lepas tangan. Karenanya, ia masih kerap berpergian ke kawasan Eropa khususnya Paris, Amerika Serikat maupun  wilayah lainnya yang menjadi tren busana dunia untuk mendapatkan rujukan busana muslimah modern yang dihadirkan Shafira dan Zoya.



No comments

Powered by Blogger.