Header Ads

Tiga Benda Berasal dari Surga, No. 3 Banyak Tersebar di Cirebon



Muslimcirebon.com : Surga. Adalah tempat terindah yang sering masuk dalam alam bawah sadar muslimin dan muslimat dari zaman ke zaman. Terutama saat mereka sedang membicarakan berbagai macam nikmat yang Allah berikan. Dan surga adalah salah satu nikmat yang paling diinginkan setelah mereka kembali pada-Nya.

Terlebih Baginda Nabi Muhammad SAW sendiri mengambarkan keindahan surga dengan kata-kata beliau. Istana, bidadari, berbagai jenis sungai, pepohonan, buah-buahan dan berbagai jenis batu yang sangat indah semuanya tervisualkan.

Dan tahukah jika ada benda-benda dari surga yang Allah hadirkan di bumi kita ini? Menariknya, salah satu benda tersebut banyak tersebar di wilayah III Cirebon.

1. Hajar Aswad.

Rasulullah SAW bersabda “Hajar Aswad turun dari surga, batu tersebut begitu putih, lebih putih dari pada susu. Dosa manusialah yang membuat batu tersebut menjadi hitam”. (H.R. Tirmidzi 877).

“Hajar aswad adalah batu dari surga. Batu tersebut lebih putih dari salju. Dosa orang-orang musyriklah yang membuatnya menjadi hitam.” (HR. Ahmad 1: 307)

2. Batu Maqam Nabi Ibrahim

Tentang Hajar Aswad dan Maqam Ibrahim ini Rasulullah SAW bersabda, "Rukun (Hajar aswad) dan Maqam Ibrahim adalah dua batu akik yang diturunkan dari surga yang telah Allah redupkan sinarnya, kalau seandainya tidak demikian niscaya sinarnya akan menyinari seluruh penjuru dunia dari Timur sampai ke Barat".

3. Kayu Gaharu

Dari Abi Hurairah radliyalahu ‘anh, bahwa Rosulullah Shallallahu ‘alayhi wa Sallam bersabda : “Golongan penghuni surga yang pertama kali masuk surga adalah berbentuk rupa bulan pada malam bulan purnama, … (sampai ucapan beliau) …, nyala perdupaan mereka adalah gaharu, Imam Abul Yaman berkata, maksudnya adalah kayu gaharu. (HR. Imam Bukhori).

Yah, kayu gaharu adalah benda dari surga yang sangat banyak tersebar luas di wilayah III Cirebon. Memang bukan berbentuk pohon seperti yang ada di Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Sulawesi. Karena kayu gaharu yang tersebar di wilayah III Cirebon sudah berbentuk tasbih, gelang, kalung, dan dupa untuk wewangian. 

Subhanallah...

Sumber: berbagai sumber


No comments

Powered by Blogger.