Header Ads

Berkunjung ke Masjid Amr bin Ash


Amr bin Ash adalah sahabat nabi dan dan seorang komandan militer yang paling terkenal karena berhasil memimpin penaklukan Mesir.

sumber: inspiredeconomist.com

Muslimcirebon.com : Masjid dalam padangan sejarah adalah salah satu bukti terkuat, bahwa umat Islam berhasil membuat pengaruh yang besar bagi masyarakat sekitar. Karena masjid sejatinya tidak hanya berfungi sebagai ibadah seperti sholat. Tetapi juga berbagai macam fungsi lainnya (sosial, budaya dan lainya), satu yang paling populer adalah sebagai pusat keilmuan. 

Masjid Amr bin Ash di Mesir termasuk dalam konsep masjid di atas. Bahkan dalam catatan sejarah besarnya, masjid ini memperlihatkan betapa kuat pengaruhnya. Wajar, karena ia adalah pusat pendidikan Islam pertama di benua Afrika.

“Imam Syafii pada masanya adalah salah satu pendidik di masjid ini”

Catatan sejarah masjid ini dimulai dari perintah Khalifah Umar bin Khattab untuk memindah ibu kota Mesir yang semula di Iskandariyah (Alexandria) ke kota Fusthat agar lebih dekat dengan masyarakat yang lebih memilih bertempat tinggal di pinggir sepanjang sungai Nil. Sejak itu pula dibangun Masjid untuk pertama kalinya di Mesir, bahkan yang pertama di benua Afrika pada tahun 21 H / 641 M. Diberi nama masjid Amr bin Ash karena dinisbatkan kepada panglima perang yang telah berhasil menakluknan Mesir.  

Masjid ini begitu banyak mendapat perhatian dari kalangan pemerintah, dari masa pemerintahan Khulafa Al-Rasyidin, Dinasti Umayyah, Dinasti Abbasiyah, Dinasti Ayubiyyah, Dinasti Mamalik, sampai Dinasti Usmaniyah.

Mari Kita Lihat Masjid Amr bin Ash yang Ada Sekarang.

Jika ada yang lupa, masjid ini sebenarnya pernah dijadikan tempat syuting film “Ketika Cinta Bertasbih” yang diadopsi dari novel yang sama karya Habiburrahman El-Shirazy.

Dan inilah video indahnya masjid Amr bin Ash,



Sumber: berbagai sumber


No comments

Powered by Blogger.