Header Ads

Apa Itu Miqat?


Muslimcirebon.com : Kata miqat sering kali kita dengar ketika musim haji tiba. Bahkan sebagian dari kita mendengarnya, ketika keluarga, saudara atau teman akan berangkat umrah.

miqat di mana?” atau “kapan miqat?

sumber: dealsjourney.com
Sebenarnya apa itu miqat?

Miqat adalah salah satu kata yang sangat akrab dengan ibadah haji dan umrah. Ia biasa dimaknai “batas bagi dimulainya ibadah haji dan umrah (batas-batas yang telah ditetapkan)”.  

Miqat sendiri ada dua jenis. Pertama, Miqat Zamani, yakni batas yang ditentukan berdasarkan waktu. Atau kapan, pada tanggal dan bulan-bulan apa hitungan Haji? 

Untuk ibadah haji, miqat bermula pada bulan Syawal sampai terbit fajar tanggal 10 Dzulhijjah, yaitu ketika ibadah haji dilaksanakan. Sedangkan untuk umrah, miqat zamani bermula sepanjang tahun saat umrah dapat dilaksanakan.

Miqat Zamani disebutkan dalam al qur’an surah Al Baqarah ayat 189 dan 197. Pada ayat pertama dijelaskan tentang bulan sabit sebagai tanda waktu bagi manusia dan miqat bagi jamaah Haji. Ayat kedua menerangkan bahwa yang dimaksud dengan bulan-bulan haji adalah Syawal, Dzulkaidah, dan Dzulhijjah.

Kedua, Miqat Makani, yakni batas yang ditentukan berdasarkan lokasi, tempat seseorang harus memulai niat Ihram sebelum melintasi tanah haram dengan niat hendak melaksanakan ibadah umrah atau haji.

Bagi mereka yang tinggal di Mekah, tempat untuk ihram haji adalah Mekah itu sendiri. Untuk umrah, jamaah harus ke luar dari tanah haram Mekah. Sebaiknya di Ji'ranah, Tan'eim atau Hudaibiyah.

Sedangkan Bir Ali yang juga disebut Zulhulayfah, letaknya sekitar 12 km dari Madinah atau sekitar 450 km dari Mekah al-Mukarramah, merupakan miqat bagi orang yang datang dari arah Madinah.

Al-Juhfah, suatu tempat yang terletak antara Mekah dan Madinah, sekitar 187 km dari Mekah, dan merupakan miqat bagi jama’ah yang datang dari Syam (Suriah), Mesir dan Maroko atau yang searah. Setelah hilangnya ciri–ciri Al-juhfah, miqat ini diganti dengan miqat lainnya yakni Rabigh, yang berjarak 204 km dari Mekah.

Yalamlam, sebuah bukit di sebelah selatan 54 km dari Mekah, merupakan miqat bagi jamaah yang datang dari arah Yaman dan Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dan kebanyakan negara Asia lain.

Qarnul Manazil, sebuah bukit di sebelah Timur 94 km dari Mekah.

Zatu Irqin, suatu tempat Miqat yang terletak di sebelah utara Mekah, berjarak 94 km dari Mekah, merupakan miqat bagi jama’ah dari Iraq dan yang searah.



No comments

Powered by Blogger.